www.riaureportase.com
13:04 WIB - KPID Riau Bentuk Pokja Pengawasan Siaran Pilkada 2018 | 21:20 WIB - Terungkap Rahasia Sukses dan Selalu Diberi Kemudahan, Ini Dia | 20:51 WIB - KPID Riau Apresiasi Rubrik Khusus Penyiaran Pilkada RRI Pro 1 | 17:07 WIB - Dibuka Kepala SKK Migas, Wartawan PWI Menangkan Empat Sepeda | 06:58 WIB - Ustadz Somad Sebut Semua Pasangan Calon Adalah Putra Terbaik Riau | 16:16 WIB - Polda Riau Gesa Kelengkapan Berkas Dua Korporasi Pembakar Lahan
Jum'at, 20 April 2018
Follow: Google+
 
Ada tiga kota di Riau jadi sarang pengidap HIV/AIDS
Rabu, 17/06/2015 - 16:31:47 WIB

TERKAIT:
 
  • Ada tiga kota di Riau jadi sarang pengidap HIV/AIDS
  •  

    PEKANBARU-Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Riau, tercatat kasus AIDS sudah ditemukan pada 12 kabupaten dan kota. Daerah terbanyak ditemukan kasus pengidap AIDS di Riau adalah Kota Pekanbaru, Kota Bengkalis dan Kota Dumai.

    "Berdasarkan data dihimpun dari Januari-Mei 2015, kasus AIDS wanita tercatat 35 persen, pria 65 persen. Sedangkan HIV pada wanita 31 persen, dan pria sebesar 71 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril, di Pekanbaru, seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/6).

    Menurut Andra, kasus pengidap AIDS ditemukan melalui program tes sukarela kepada pelacur dan pasangan sejenis. Kasus ini, kata dia, ibarat fenomena gunung es karena yang belum terjangkau atau bersedia untuk melakukan tes virus HIV masih banyak.

    "Namun demikian, Riau sudah membentuk klinik (Voluntary Counseling Test) VCT sejak 2014 itu dan sudah menjangkau penderita HIV lebih awal, tidak lagi pada fase terminal," ujar Andra.

    Andra melanjutkan, sejak 2004 klinik VCT pertama kali dikelola RSUD Arifin Achmad itu. Saat ini mereka telah mempunyai fasilitas itu pada 12 kabupaten dan kota se-Riau.

    Kegiatan VCT adalah proses konseling pra testing, konseling post testing, dan testing HIV secara sukarela yang bersifat rahasia. Mereka berusaha mendeteksi secara dini dan membantu orang mengetahui apakah terjangkit virus HIV. (*)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan EMAIL: redaksi.riaureportase@gmail.com atau (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Ada tiga kota di Riau jadi sarang pengidap HIV/AIDS
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    KANAL & RUBRIK : NEWS PEMERINTAHAN PARLEMEN HUKRIM REPORTASE OTO TEKNO
    PROPERTI EDUKASI SPORT NASIONAL LIFESTYLE

    © 2015 www.riaureportase, All Rights Reserved
    PEMERINTAHAN : PEKANBARU SIAK BENGKALIS INHU MERANTI PILKADA PEMERINTAHAN PARLEMEN
    MANAJEMEN : REDAKSI DISCLAIMER PEDOMAN