www.riaureportase.com
13:04 WIB - KPID Riau Bentuk Pokja Pengawasan Siaran Pilkada 2018 | 21:20 WIB - Terungkap Rahasia Sukses dan Selalu Diberi Kemudahan, Ini Dia | 20:51 WIB - KPID Riau Apresiasi Rubrik Khusus Penyiaran Pilkada RRI Pro 1 | 17:07 WIB - Dibuka Kepala SKK Migas, Wartawan PWI Menangkan Empat Sepeda | 06:58 WIB - Ustadz Somad Sebut Semua Pasangan Calon Adalah Putra Terbaik Riau | 16:16 WIB - Polda Riau Gesa Kelengkapan Berkas Dua Korporasi Pembakar Lahan
Sabtu, 21 Juli 2018
Follow: Google+
 
Jelang Ramadan, XL Uji Jaringan di 5 Wilayah
Kamis, 28/05/2015 - 13:52:16 WIB

TERKAIT:
 
 

PADANG - XL kembali menggelar uji coba jaringan menjelang Ramadan. Rutinitas tahunan
bertajuk "NetRally" ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan menghadapi kerap
naiknya trafik pelanggan di bulan suci.

Tahun ini XL lagi-lagi mengekspansi titik pengujian jaringannya. Dua tahun lalu uji jaringan hanya digelar sepanjang Pantura sebagai jalur mudik teramai. Tahun lalu, uji jaringan diperluas hingga ke sepanjang selatan Jawa yang titik ujungnya berada di Yogyakarta.

Nah, kini area-area luar Jawa pun kebagian giliran pengujian. Dari Jakarta hingga Merak, Padang hingga Bukittinggi, Solo hingga Semarang, Surabaya hingga Malang dan Banjarmasin hingga Martapura.

"Semua dilakukan serempak. Nanti sore kita akan lakukan video call dengan teman-teman di 4 titik lainnya," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan saat rombongan wartawan tiba di Padang, Kamis (28/5/3015).

Ongki mengakui tantangan XL tahun ini semakin besar. Perilaku pelanggan yang lebih dominan ke penggunaan data ketimbang SMS dan voice memiliki konsekuensi sendiri bagi operator.

"Dulu kalau Ramadan saya jagain SMS. Sekarang koneksi data yang lebih difokuskan. Kita harus menyesuaikan dengan perubahan perilaku pelanggan," kata Ongki.

Pasalnya, optimalisasi koneksi data lebih kompleks dibandingkan SMS dan Voice. Di dalamnya ada pengaturan regulasi yang lebih signifikan, persaingan operator yang lebih sengit dan tuntutan pelanggan yang lebih tinggi.

"Dari bangun tidur sampai kembali tidur pengguna sangat intim dengan koneksi data.  Jaringan dituntut selalu prima. Lima menit saja jaringan putus, keluhannya akan sangat besar. Tugas kita makin berat, investasi makin besar," direktur XL termuda ini menjelaskan.

Dalam empat tahun terakhir, XL telah menggelontorkan investasi senilai Rp 40 triliun untuk
pengembangan infrastruktur. Hal ini, kata Ongki, juga untuk mendukung program pemerintah
menuju Indonesia Broadband Plan.

Padang merupakan salah satu wilayah dengan investasi paling besar. Walau, jaringan yang
dioptimalkan baru sebatas 3G. Itupun masih ada beberapa area yang belum terjangkau.

"Bukan cuma kami, tapi operator lain juga kesulitan meraih beberapa titik," kata Ongki.
Bagaimanapun tantangannya, Ongki mengklaim XL bakal terus berupaya memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. "Tim memastikan layanan XL selalu prima. Optimisasi kita lakukan secara terus menerus," pungkasnya kepada kompas.com.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan EMAIL: redaksi.riaureportase@gmail.com atau (mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Jelang Ramadan, XL Uji Jaringan di 5 Wilayah
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    KANAL & RUBRIK : NEWS PEMERINTAHAN PARLEMEN HUKRIM REPORTASE OTO TEKNO
    PROPERTI EDUKASI SPORT NASIONAL LIFESTYLE

    © 2015 www.riaureportase, All Rights Reserved
    PEMERINTAHAN : PEKANBARU SIAK BENGKALIS INHU MERANTI PILKADA PEMERINTAHAN PARLEMEN
    MANAJEMEN : REDAKSI DISCLAIMER PEDOMAN