13:04 WIB - KPID Riau Bentuk Pokja Pengawasan Siaran Pilkada 2018 | 21:20 WIB - Terungkap Rahasia Sukses dan Selalu Diberi Kemudahan, Ini Dia | 20:51 WIB - KPID Riau Apresiasi Rubrik Khusus Penyiaran Pilkada RRI Pro 1 | 17:07 WIB - Dibuka Kepala SKK Migas, Wartawan PWI Menangkan Empat Sepeda | 06:58 WIB - Ustadz Somad Sebut Semua Pasangan Calon Adalah Putra Terbaik Riau | 16:16 WIB - Polda Riau Gesa Kelengkapan Berkas Dua Korporasi Pembakar Lahan
Minggu, 16 Desember 2018
Follow: Google+
 
Pawai Budaya Hari Jadi Bengkalis Semarak
Rabu, 29/07/2015 - 17:12:17 WIB

TERKAIT:
 
  • Pawai Budaya Hari Jadi Bengkalis Semarak
  •  

    BENGKALIS - Pawai Budaya, Rabu (29/7/2015) sempena peringatan Hari Jadi Bengkalis ke-503 yang diikuti seluruh paguyuban dan elemen masyarakat serta pelajar berlangsung meriah dan semarak. Kendati jelang pelepasan, kota Bengkalis sempat diguyur hujan lebat, namun tak mengurangi semangat para peserta.

    Dari pantauan di lapangan, pawai budaya langsung lepas oleh Bupati Bengkalis Herliyan Saleh, didampingi Wakil Bupati Bengkalis, Suayatno, Ketua DPRD Bengkalis, Heru Wahyudi, Pengurus LAMR Bengkalis dan seluruh ketua paguyuban.

    Pada barisan terdepan, marching band  Andam Dewi mempertunjukan kebolehan. Kemudian diikuti barisan peserta dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis yang menampilkan adat pernikahan Melayu.

    Kemudian diikuti arak-arakan dari barisan Paguyuban suku Banjar, Bugis, Batak, Jawa, Sunda, Minang dan etnis Tionghoa. Masing-masing paguyuban menampilkan seni budaya masing-masing dan menyerahkan cenderamata kepada Bupati Bengkalis Herliyan Saleh. Seperti penampilan tarian piring dari Minangkabau, reog Ponorogo dari paguyuban Jawa, Barongsai dari etnis Tionghoa.

    Kemudian di belakang barisan etnis Tionghoa, diikuti barisan dari masyarakat Kecamatan Bengkalis dan Bantan, para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemkab Bengkalis, pelajar dari SLTP dan SLTA serta mahasiswa. Rute pawai budaya dimulai dari Lapangan Tugu, Jalan Jenderal Sudirman - Cokro Aminoto, Hang Tuah - Patimura dan berakhir di jalan Jenderal Sudirman.

    Dalam sambutannya, Herliyan mengatakan kegiatan pawai budaya yang dilaksanakan sempena Hari Jadi Bengkalis ke-503 tahun 2015, menjadi ajang untuk melestarikan kekayaan khazanah budaya masyarakat berbilang suku yang ada di Kabupaten Bengkalis.

    Budaya yang menjadi bagian dari jati diri anak negeri ini, menjadi perekat yang tak lapuk karena hujan, tak lekang oleh panas untuk mempersatukan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai paguyuban yang ada di negeri junjungan ini, sehingga menjadi; "seiya dalam berkata, seirama dalam melangkah, seiring dalam berjalan. Duduk sama rendah, dan berdiri sama tinggi".

    Selain untuk mengambil pelajaran dan hikmah dari sejarah masa lalu, peringatan Hari Jadi Bengkalis yang setiap tahunnya dirayakan, juga menjadikan keberagaman yang dimiliki sebagai pelangi kebersamaan. Karena itu, masa boleh berlalu, era boleh berganti, namun eksistensi dan keberagamaman budaya yang kita miliki, sampai kapanpun, karena  apapun, dan oleh siapapun, harus dilestarikan.

    "Keberagaman yang kita miliki itu, harus tetap menjadi garda terdepan dalam meningkatkan semangat "sama seperiuk, sama selesung", dan kecintaan kepada negeri ini, kepada kekayaan khazanah budaya yang dimiliki. Kemudian, harus menjadi tameng pertama untuk menangkis dan menangkal dampak negatif budaya lain yang dapat mencabut akar budaya kita sebagai jati diri masyarakat di daerah ini," ungkap Herliyan. (Rls)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan EMAIL: redaksi.riaureportase@gmail.com atau (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Pawai Budaya Hari Jadi Bengkalis Semarak
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    KANAL & RUBRIK : NEWS PEMERINTAHAN PARLEMEN HUKRIM REPORTASE OTO TEKNO
    PROPERTI EDUKASI SPORT NASIONAL LIFESTYLE

    © 2015 www.riaureportase, All Rights Reserved
    PEMERINTAHAN : PEKANBARU SIAK BENGKALIS INHU MERANTI PILKADA PEMERINTAHAN PARLEMEN
    MANAJEMEN : REDAKSI DISCLAIMER PEDOMAN