13:04 WIB - KPID Riau Bentuk Pokja Pengawasan Siaran Pilkada 2018 | 21:20 WIB - Terungkap Rahasia Sukses dan Selalu Diberi Kemudahan, Ini Dia | 20:51 WIB - KPID Riau Apresiasi Rubrik Khusus Penyiaran Pilkada RRI Pro 1 | 17:07 WIB - Dibuka Kepala SKK Migas, Wartawan PWI Menangkan Empat Sepeda | 06:58 WIB - Ustadz Somad Sebut Semua Pasangan Calon Adalah Putra Terbaik Riau | 16:16 WIB - Polda Riau Gesa Kelengkapan Berkas Dua Korporasi Pembakar Lahan
Minggu, 24 Juni 2018
Follow: Google+
 
Wabup Bengkalis Buka Festival Lampu Colok
Selasa, 14/07/2015 - 14:21:27 WIB

TERKAIT:
 
  • Wabup Bengkalis Buka Festival Lampu Colok
  •  

    BENGKALIS-Wakil Bupati Bengkalis H Suayatno membuka festival lampu colok yang berlangsung di Desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis, Senin (13/7/15). Pembukaan festival lampu colok turut dihadiri para asisten, staf ahli, pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Bengkalis dan tokoh masyarakat Desa Simpang Ayam.

    Kegiatan rutin yang digelar Kadisbudparpora Kab Bengkalis ini adalah tradisi yang kerap dilakukan sebagian umat Islam di Kabupaten Bengkalis. Khususnya menjelang perayaan Idul Fitri. "Kita diharap melestarikan tradisi ini menjadi kegiatan yang rutin," kata Kepala Kadisbudparpora Kab Bengkalis H Eduar.

    Pembukaan festival lampu colok diawali dengan santapan rohani ustadz Sofwan Muhajir dan buka puasa bersama. Dilanjutkan dengan Salat Maghrib berjamaah. Pembukaan festival colok ditandai dengan menyalakan lampu colok oleh Wakil Bupati H Suayatno, Kadisbudparpora H Eduar, Kasubag TU Kemenag H Nasrun, serta Bhabinkamtibmas Polres Bengkalis Dodik D, dan pejabat lainnya.

    Tradisi ini sudah berlangsung turun temurun. Masyarakat menyebutnya tradisi menyalakan lampu colok. Lampu colok adalah alat penerangan sederhana yang dibuat dari botol kaca ataupun kaleng. Penyalaan lampu colok itu sendiri, berawal dari keinginan para orang tua-tua jaman dahulu.

    Dengan tujuan untuk menerangi malam-malam akhir Ramadan, dan yang paling utama yakni, menerangi jalan menuju ke masjid membayar zakat fitrah, bersilaturahmi dan lainnya.

    H. Suayatno berpesan kepada pemuda sekarang jangan terpengaruh globalisasi dan kemajuan teknologi masa kini yang lebih senang menghabiskan waktu yang tidak bermanfaat.

    "Dalam upaya melestarikan budaya melayu ini, jangan sampai menghilangkan momentum Ramadan. Jangan mengurangi ibadah wajib dan sunat terutama pada waktu malam 10 terakhir pada bulan Ramadan yang di tunggu-tunggu keberkahannya," kata wabup.

    Nantinya lampu colok ini akan dilombakan dan dinilai mana yang terbaik, baik itu dari nilai seni dan artistiknya akan mendapatkan hadiah dari panitia.

    Wabup berharap kepada para peserta colok agar senantiasa menjaga kesucian bulan Ramadan. "Ke depan festival ini bisa lebih meriah lagi," pungkas wabup. (Rls)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan EMAIL: redaksi.riaureportase@gmail.com atau (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Wabup Bengkalis Buka Festival Lampu Colok
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    KANAL & RUBRIK : NEWS PEMERINTAHAN PARLEMEN HUKRIM REPORTASE OTO TEKNO
    PROPERTI EDUKASI SPORT NASIONAL LIFESTYLE

    © 2015 www.riaureportase, All Rights Reserved
    PEMERINTAHAN : PEKANBARU SIAK BENGKALIS INHU MERANTI PILKADA PEMERINTAHAN PARLEMEN
    MANAJEMEN : REDAKSI DISCLAIMER PEDOMAN