13:04 WIB - KPID Riau Bentuk Pokja Pengawasan Siaran Pilkada 2018 | 21:20 WIB - Terungkap Rahasia Sukses dan Selalu Diberi Kemudahan, Ini Dia | 20:51 WIB - KPID Riau Apresiasi Rubrik Khusus Penyiaran Pilkada RRI Pro 1 | 17:07 WIB - Dibuka Kepala SKK Migas, Wartawan PWI Menangkan Empat Sepeda | 06:58 WIB - Ustadz Somad Sebut Semua Pasangan Calon Adalah Putra Terbaik Riau | 16:16 WIB - Polda Riau Gesa Kelengkapan Berkas Dua Korporasi Pembakar Lahan
Sabtu, 22 09 2018
Follow: Google+
 
BAZNAS Bengkalis Salurkan Zakat kepada 450 Mustahiq
Jumat, 10/07/2015 - 05:08:25 WIB

TERKAIT:
 
  • BAZNAS Bengkalis Salurkan Zakat kepada 450 Mustahiq
  •  

    BENGKALIS - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ Kabupaten Bengkalis, Kamis (9/7/2015), menyalurkan dana zakat kepada 450 penerima zakat (mustahiq). Penyaluran di kantor BAZ tersebut, dilakukan oleh Wabup Bengkalis, H Suayatno didampingi Ketua Baznas, H Nur Nawawi, Kepala Kemenag, H Jumari dan Ketua FKUB, H Bakri.

    Ketua BAZ Kabupaten Bengkalis, H Nur Nawawi mengatakan, jika dibanding tahun lalu, jumlah penerima zakat pada tahun ini jauh lebih besar, terjadi peningkatan hampir 100 persen. sementara para penerima zakat berasal dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan. Namun volume penyaluran dana zakat masih rendah karena kecilnya dana zakat yang berhasil dikumpulkan. Bahkan katanya, jika dibanding dengan Kabupaten/Kota se Riau, dana zakat Kabupaten Bengkalis yang paling kecil.

    "Ini tantangan bagi kita. Makanya dalam beberapa kesempatan saya sering sampaikan dan terus berharap adanya Peraturan Daerah atau Peraturan Bupati atau bisa juga dalam bentuk Surat Edaran, terkait pengumpulan zakat ini, terutama untuk zakat profesi. Dan sampai hari ini kita belum memiliki regulasi itu,"  ujarnya.

    Dalam kesempatan tersebut pansiunan Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis tersebut mengatakan ada beberapa SKPD yang rutin mengumpulkan zakat dan menyerahkannya ke BAZ untuk disalurkan. Antara lain, Bappeda, Statistik, Dinas Sosial, BKD dan lainnya. "Tapi ada juga SKPD yang menyalurkan langsung ke mustahiq tanpa melalui Baznas," kata Nawawi lagi.

    Sementara itu Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno dalam sambutannya mengatakan, bahwa diakui sejauh ini regulasi tentang pungutan zakat belum ada. Pemkab Bengkalis katanya tetap mengupayakan agar ada regulasi yang jelas sehingga potensi zakat yang begitu besar dapat benar-benar tergali dan dirasakan masyarakat.

    "Dari hitungan kasar saya, jika seluruh PNS di Bengkalis ini mengeluarkan zakat atau kita ambil saja 2,5 persen daro total gaji yang berjumlah sekitar Rp 800 miliar, maka dana zakat yang berhasil kita kumpulkan sekitar Rp 2 miliar, sungguh angka yang sangat pantastis," ujar Suayatno, dikutip halloriau.

    Kendati begitu dirinya berterima kasih atas kerja keras yang dilakukan para pengurus BZ yang berhasil mengumpulkan dan menyakurkan dana dari para muzaki.

    Sejumlah penerima dana zakat saat ditemui mengaku bersyukur atas uang yang mereka terima. Menurut mereka, uang zakat Rp500 ribu tersebut sangat besar artinya bagi memenuhi kebutuhan sehari-hari, terlebih jelang hari raya Idul Fitri. 

    "Alhamdulillah dapat rezeki, bisa untuk memenuhi kebutuhan bulan puasa," ungkap Nela salah seorang penerima.  (*)


    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan EMAIL: redaksi.riaureportase@gmail.com atau (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • BAZNAS Bengkalis Salurkan Zakat kepada 450 Mustahiq
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    KANAL & RUBRIK : NEWS PEMERINTAHAN PARLEMEN HUKRIM REPORTASE OTO TEKNO
    PROPERTI EDUKASI SPORT NASIONAL LIFESTYLE

    © 2015 www.riaureportase, All Rights Reserved
    PEMERINTAHAN : PEKANBARU SIAK BENGKALIS INHU MERANTI PILKADA PEMERINTAHAN PARLEMEN
    MANAJEMEN : REDAKSI DISCLAIMER PEDOMAN