www.riaureportase.com
13:04 WIB - KPID Riau Bentuk Pokja Pengawasan Siaran Pilkada 2018 | 21:20 WIB - Terungkap Rahasia Sukses dan Selalu Diberi Kemudahan, Ini Dia | 20:51 WIB - KPID Riau Apresiasi Rubrik Khusus Penyiaran Pilkada RRI Pro 1 | 17:07 WIB - Dibuka Kepala SKK Migas, Wartawan PWI Menangkan Empat Sepeda | 06:58 WIB - Ustadz Somad Sebut Semua Pasangan Calon Adalah Putra Terbaik Riau | 16:16 WIB - Polda Riau Gesa Kelengkapan Berkas Dua Korporasi Pembakar Lahan
Sabtu, 22 09 2018
Follow: Google+
 
Sambut Ramadan
Pacu Sampan dan Balimau Kasai Digelar di Danau Betung
Minggu, 14/06/2015 - 15:34:49 WIB

TERKAIT:
 
  • Pacu Sampan dan Balimau Kasai Digelar di Danau Betung
  •  

    PANGKALAN KURAS - Pusat Budaya Petalangan Danau Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras,
    menjelang masuknya bulan suci Ramadan akan menggelar kegiatan pacu sampan dan mandi Balimau Kasai.

    Kegiatan ini selain dalam rangka menyambut masuknya bulan puasa bagi umat muslim, juga kegiatan ini bagian dari upaya melestarikan kearifan lokal di Pusat Budaya Petalangan, Danau Betung yang telah terlupakan oleh Pemkab Pelalawan itu. Bahkan, Danau Betung sebagai salah satu objek wisata di Negeri Seiya Sekata ini, seakan terlupakan oleh Dinas Pariwisata, terbukti tak ada sentuhan pembangunan
    di Pusat Budaya ini.

    Ketua Pemuda Betung, Bahrum didampingi Abdul Wadut, tokoh pemuda setempat yang juga Ketua Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Pelalawan ini mengatakan, bahwa ide digelarnya lomba pacu sampan tradisional untuk lokal Betung serta Mandi Balimau ini merupakan ide-ide teman-teman pemuda saat berkumpul. Tercetuslah bahwa pada Selasa mendatang (16/6/2015) diprakarsai oleh pemuda, akan dilaksanakan lomba pacu sampan dan mandi balimau di areal Danau Betung.

    "Ini bagian dari melestarikan kearifan lokal dan bagian dari Budaya Suku Petalangan. Ketika bulan puasa datang, maka Mandi Balimau secara bersama-sama dengan segenap elemen masyarakat akan digelar. Awalnya kita juga mengundang Kepala Dinas Pariwisata Pelalawan, namun yang bersangkutan berhalangan hadir. Karena Pusat Budaya Petalangan ini seolah luput dari perhatian Pemkab, lihat saja tidak ada polesan pembangunan disini. Sejujurnya kita generasi muda amat miris melihatnya," ungkap Bahrum, Ketua Pemuda Betung, didampingi Abdul Wadut.

    Senada ditambahkan oleh Abdul Wadut. Menurutnya kegiatan yang diprakarsai generasi muda ini mengambil tema "Dengan semangat dan kreatifitas generasi muda dalam menyambut bulan suci Ramadan sekaligus melestarikan budaya kearifan lokal yang agamis".

    "Sesuai jadwalnya, kegiatan ini langsung dihadiri oleh Ketua DPRD Pelalawan, Nasaruddin dan sejumlah anggota DPRD sekaligus Upika Pangkalan Kuras. Target kita adalah menaja  sebuah acara pacu sampan tradisional dan dibalut dengan festival lagu Melayu tingkat Kabupaten Pelalawan yang dipusatkan di danau Betung ini," tutup Abdul Wadut. (rrc3)

    Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
    Silakan EMAIL: redaksi.riaureportase@gmail.com atau (mohon dilampirkan data diri Anda)

     
    Berita Lainnya :
  • Pacu Sampan dan Balimau Kasai Digelar di Danau Betung
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    KANAL & RUBRIK : NEWS PEMERINTAHAN PARLEMEN HUKRIM REPORTASE OTO TEKNO
    PROPERTI EDUKASI SPORT NASIONAL LIFESTYLE

    © 2015 www.riaureportase, All Rights Reserved
    PEMERINTAHAN : PEKANBARU SIAK BENGKALIS INHU MERANTI PILKADA PEMERINTAHAN PARLEMEN
    MANAJEMEN : REDAKSI DISCLAIMER PEDOMAN